Daftar Isi
Daftar Isi

5 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mental

Mental merupakan suatu kondisi yang mencakup kejiwaan seseorang yaitu bagaimana cara berpikir, Cara memerankan perasaan, Cara merespon, Karakter, Cara

 5 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mental

5 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mental


Oleh : Intan Cahya


Pengertian Mental dan Kesehatan Mental


Mental merupakan suatu kondisi yang mencakup kejiwaan seseorang yaitu bagaimana cara berpikir, Cara memerankan perasaan, Cara merespon, Karakter, Cara mengambil keputusan dan perbuatan.


Sedangkan kesehatan mental adalah suatu kondisi dimana mental/kejiwaan seseorang dalam kondisi yang sehat, Positif, Sehingga bisa menerapkan pola hidup yang sehat dan berinteraksi dengan baik.


Setiap manusia yang hidup dimuka bumi pasti dihadapkan dengan berbagai masalah. Permasalahan begitu kompleks dari hal kecil maupun hal besar. Sehingga banyak diantara manusia yang merasa tertekan atas hadirnya masalah-masalah yang mau tidak mau harus mereka hadapi.


Sebenarnya disetiap permasalahan ada pembelajaran, Disetiap tekanan kehidupan yang dirasakan manusia itu seperti pelatihan yang bisa menguatkan diri dan mentalnya, Serta memaksa potensi yang ada pada dirinya keluar. 


Namun tidak semua masalah/tekanan  berdampak baik bagi kesehatan mental seseorang. Adapun mereka yang memiliki gangguan/sakit mental bisa disebabkan karena merasa terpukul oleh kejadian menyakitkan yang menimpa dirinya. Penderita bisa mengalami depresi, Trauma, dll.


Adapun tips untuk menjaga kesehatan mental adalah sebagai berikut


1. Sering Olah Nafas Disertai dengan Menghirup Dzat Tuhan.


Olah nafas bisa dilakukan dengan cara menghirup udara pelan-pelan melalui hidung, Lalu mengeluarkan secara pelan-pelan melalui hidung dan mulut. Namun dalam pelaksanaannya jangan dilakukan semata-mata hanya ingin menghirup udara tapi niatlah untuk menghirup Dzat Tuhan yang terbentang dialam semesta ini. Dzat Tuhan ada dimanapun disetiap molekul yang ada dialam semesta ini. Hiruplah dengan mengingatNya, MerasakanNya dan Menyebut namaNya.


Hal ini bisa melegakan segala kecamuk dalam dirimu. Ada dzat Maha hidup, Maha Penyembuh, Maha Cinta, yang perlu kamu hirup. Ada perasaan marah, Bingung, Stress, Jengkel, Sakit hati dan trauma-trauma yang harus kamu keluarkan. Maka silahkan dicoba, Olah nafas disertai dengan melantunkan Nama Tuhan dan berdoa sesuai keyakinan masing-masing. 


Olah nafas bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, Lebih baik jika dilakukan disetiap pagi dan sore hari secara rutin.

Menjelang tidur dan ketika bangun tidur. Serta pada saat sebelum dan sesudah beribadah.

Barang siapa yang melibatkan Tuhan disetiap aktivitasnya Niscaya Tuhan akan permudah jalannya.


2. Lakukan Afirmasi Positif


Afirmasi ialah teknik untuk menegaskan kepada diri sendiri maupun orang lain mengenai hal positif.


Caranya yaitu dengan mengucap kalimat-kalimat positif yang berulang-ulang untuk memberi peneguhan diri. 

Contoh : 

Aku adalah seorang yang beruntung.

Aku magnet uang, Uang datang padaku dari berbagai penjuru.

Aku cantik dan menarik banyak orang.

Aku sukses dan hidupku menyenangkan.

Aku bahagia dan hidupku sejahtera.


Sehingga afirmasi ini meningkatkan semangat dan kepercayaan diri seseorang dalam menjalani hidupnya serta keyakinan akan tercapai cita-citanya.


Jadi selain berdoa langsung kepada y disertai olah nafas, Kita juga bisa menggunakan teknik afirmasi ini untuk menyemangati dan menyehatkan mental kita. Memerintahkan semua unsur dalam diri kita seperti unsur pikiran, Perasaan, Perbuatan agar mendukung penuh diri kita. Sehingga semua unsur-unsur yang kita punya bisa berfungsi maksimal.


Teknik afirmasi ini tidak hanya berfungsi untuk menyehatkan mental. Tapi juga sangat baik untuk kesuksesan.


3. Jauhkan Dirimu dari Orang-orang yang toxic


Orang toxic yaitu (sebutan lain bagi orang yang beracun) yang memberikan dampak negatif dan kerugian bagi orang lain. Dampak negatif yang sering ditimbulkan adalah dampak negatif pada psikis (mental).


Contoh orang toxic yaitu mereka yang suka menghina fisikmu, Menghina keadaanmu, Mencari-cari kejelekanmu, Mengintimidasi kamu, Mengadu domba, Fitnah, dan lain-lain yang membuat kamu tidak nyaman. Atau mereka yang suka memanipulasi orang lain demi keuntungannya sendiri. Serta mempengaruhi orang-orang lain untuk membencimu. Sehingga kamu kesulitan mendapatkan hak hidup aman dan tentram.


Jadi kamu berhak menolak kemauannya yang merugikan kamu, Kamu berhak menjauhinya jika dia memang banyak negatifnya. Tapi jikal orang-orang toxic tersebut masih keluarga atau kerabat maka batasi dirimu dan batasi privasimu. Kamu tidak perlu memaksa untuk akrab. Interaksi seperlunya. Itu lebih baik daripada kesehatan mentalmu taruhannya.  


Tak mengapa dianggap tidak pandai bergaul. Daripada bergaul tapi saling menjatuhkan, Saling iri dan dengki. Banyak negatifnya daripada positifnya. Karena jika kesehatan mentalmu sudah terganggu maka yang rugi adalah kamu sendiri, Orang tuamu, Pasangan bahkan anak-anakmu. 


4. Luangkan Waktu untuk Merawat Diri 


Merawat diri tidak harus mahal, Tidak harus menghabiskan berjam-jam disalon atau diklinik kecantikan. Banyak cara alami untuk merawat diri. 


Intinya merawat diri sesuai kemampuan. Menjaga kebersihan tempat tinggal, Pakaian, dan menggunakan wewangian yang disuka juga bisa membantu pikiran menjadi rileks. 


5. Semangat Menjadi Lebih Kreatif dan Produktif


Setiap manusia pasti dianugerahi kelebihan masing-masing oleh Tuhan. Mengasah bakat diwaktu luang bisa membuat kita tidak berlarut dalam kesedihan. Oleh karena itu wajib bagi kita mengetahui bakat kita, Serta berusaha sebisa mungkin untuk terus mengasahnya. Tuhan menciptakan kelebihan pasti bukan tanpa tujuan. Pasti ada gunanya.


Semangat untuk lebih kreatif dan produktif akan membuat hidup terasa lebih berarti. Lakukan hal positif yang membuat kamu senang. Tanpa menarget kapan hal itu bisa diuangkan. Karena saat kreativitas dan produktivitasmu berhasil disukai orang-orang maka pundi-pundi uang akan mengalir sebagai bonus. Apapun hasil panennya yang penting berusaha menanam yang terbaik.


Begitulah lima tips menjaga kesehatan mental dari kami. Semoga bermanfaat.

5 Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Mental EDUKASI Menjaga Kesehatan Mental