Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

ORANG TUA WAJIB TAU! 8 CARA MENDIDIK ANAK | intancahya.com

TIPS INTANCAHYA


TIPS - Anak merupakan anugerah sekaligus titipan dari Tuhan. Dalam membesarkannya tentunya setiap orangtua memiliki cara dan tujuannya tersendiri. Meskipun terkadang harapan-harapan tersebut tidak sejalan dengan realita yang terjadi pada sang anak. 

Namun memang menjadi orang tua bukanlah suatu perkara yang mudah. Diperlukan doa dan kesabaran seluas samudera, Ketelatenan serta suatu trik tertentu dalam mendidiknya. Berikut saya merangkum tujuh cara sekaligus rahasia mendidik anak agar menjadi anak yang baik serta sukses dunia akhirat.


1. DOAKAN 

Doakanlah buah hati anda sejak dari dalam kandungan hingga akhir hayat. Sebab keridhoan Nya merupakan unsur pertama dan utama yang turut menjadikan seperti apa buah hati anda nantinya. 

Oleh karena itu, Mohonlah dengan sungguh-sungguh kepada yang Maha Kuasa lagi Maha pengatur makhlukNya. Agar buah hati terlahir sempurna secara fisik dan mental (Tanpa kecacatan), Sehat, Tumbuh menjadi anak yang berbakti pada orang tua, 

Berkembang pesat kecerdasannya, Berakhlak baik, Serta meraih sukses dan lain-lain yang menjadi harapan anda. Lakukan waktu terbaik dalam berdoa sesuai yang diajarkan dalam keyakinan anda masing-masing. 

Serta doakan pula buah hati anda disaat anda sedang memasakkan dia makanan, Saat ia terlelap, Saat ia sedang mencari ilmu, Saat ia sedang diluar rumah. Karena doa orang tua itu restu orang tua, dan ridhoNya Tuhan tergantung Ridhonya orang tua, Semakin banyak didoakan semakin baik pula.

2. BERI NAMA YANG BAIK

Berilah nama yang baik untuk buah hati anda. Nama-nama yang bermakna baik atau nama-nama dari tokoh-tokoh terdahulu yang terkenal dengan kemuliaannya. Sebab ada kaitannya dengan tips nomor satu, Yaitu dalam nama terselip doa dan harapan orang tua agar si anak tumbuh menjadi pribadi yang baik, 

Sebaik namanya. Atau Si anak menjadi pribadi yang mulia seperti nama tokoh yang menginspirasi pembuatan namanya. Jangan sekali-kali memberi nama anak anda seperti nama artis idola anda karena anda tidak tau prilaku dia saat tidak masuk televisi.

3. KENALI BARU MENYAYANGI

Pernahkah anda mendengar istilah, Tak kenal maka tak sayang?. Memang seperti itulah. Jika anda menyayangi seseorang namun anda tidak mengenal seperti apa kesukaan dan ketidaksukaannya, Seperti apa kepribadiannya maka bisa jadi rasa sayang anda justru tidak sengaja menyakitinya. 

Oleh karena itu pahamilah karakter anak anda, Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak semua harus dipukul rata. Sangat mungkin, Kepribadian anak pertama anda akan berbeda dengan kepribadian anak kedua anda. 

Jadi setiap anak memberikan pembelajaran tersendiri bagi orang tua. Tidak hanya orang tua yang mengajari anak, Terkadang orangtua pun bisa belajar dari anaknya.

4. PENUHI KEBUTUHANNYA

Setiap anak selain membutuhkan kebutuhan sandang, Papan, Pangan yang layak. Ketiga hal tersebut tentu sudah dipahami dan diperjuangkan oleh hampir semua orang tua. Bahkan banyak dari orang tua yang memanjakan anak-anaknya dengan materi dan kemewahan sebagai wujud dari kasih sayangnya. 

Namun yang perlu anda garis bawahi bahwa anak juga membutuhkan waktu dan perhatian dari orang tua. Jadi disela kesibukan anda, Sisihkan waktu untuk mereka. Untuk menanyakan kabar, Apa saja yang dialaminya, Jadilah pendengar yang baik. 

Setelah anda mendengar semua yang ia ceritakan. Anda bisa menyampaikan sudut pandang dan nasehat anda. Seorang anak yang tidak menerima waktu dan perhatian yang cukup dari orang tua cenderung mencari kehangatan diluar. Hal ini cenderung merujuk pada pergaulan bebas yang bisa merusak masa depannya. 

Bila ada anak yang memasuki pergaulan bebas, Hendaknya jangan keburu menyalahkan sang anak saja. Banyak faktor yang menyebabkan anak terjerumus dalam pergaulan bebas. Faktor kurangnya perhatian dan nasehat serta doa dari orang tua juga bisa menjadi salah satu sebabnya.

5. PENDIDIKAN DIMULAI DARI DALAM RUMAH

Yang dimaksud pendidikan dimulai dari dalam rumah adalah dimulai dari keluarga. Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Sikap anak tak jauh dari kedua orangtuanya. Meskipun tidak semua tapi kebanyakan begitu. Oleh karena itu jadilah suri tauladan yang baik. 

Nasehat tidak harus selalu diucapkan secara lisan akan tetapi memberikan contoh yang baik dalam perbuatan juga sangatlah penting.

Keluarga yang harmonis akan menentramkan jiwa anak agar nyaman dan tenang beristirahat dirumah. Akan tetapi banyaknya konflik dan perselisihan didalam rumah juga turut menyumbangkan kegelisahan serta ketidaknyamanan bagi sang anak. 

6. PERHATIKAN LINGKUNGAN

Selain faktor internal, Juga ada faktor eksternal (yang terjadi diluar lingkungan keluarga). Ini bisa terjadi disekolah, Dilingkungan, dan lain-lain. Hendaknya anda juga turut memperhatikan lingkungan anak saat anak berada diluar rumah. 

Sebab sebaik apapun kehangatan yang tercipta didalam keluarga. Jika diluar rumah anak anda mendapatkan perlakuan yang tidak baik seperti pelecehan, Pembullyan, Maka hal tersebut juga bisa berdampak fatal bagi kondisi fisik dan psikologis nya.

Bekali anak anda dengan wawasan apa saja yang termasuk dalam tindakan pembullyan dan pelecehan. Dan apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Ajarkan bagaimana anak bisa berkata tidak untuk menolak ajakan hal-hal negatif dari orang lain.

7. JANGAN TERLALU MENUNTUT

Seekor burung bisa berjalan, Bisa terbang, Tapi tidak bisa berenang apalagi menyelam. Seekor ikan bisa berenang, Bisa menyelam tapi tidak bisa terbang. Seekor angsa bisa berjalan, Bisa terbang walau tidak tinggi dan tidak jauh, Bisa berenang, Namun tidak bisa menyelam. 

Begitupun dengan anak-anak kita. Ada yang pandai dalam bidang akademik tapi kurang pandai dalam bidang seni. Ada yang berbakat dalam seni namun tidak berbakat dalam olahraga.

Maka jangan terlalu menuntut mereka untuk selalu bisa menjadi seperti yang kita mau. Menuntut mereka harus bisa ini itu yang bukan menjadi bakat dan minat mereka justru membuat mereka tertekan. Tetapi biarlah mereka menjadi diri sendiri dengan bakat dan minatnya. 

Berilah dukungan niscaya dia akan bersinar dijalam yang ia tentukan. Karena Tuhan tidak akan menciptakan sesuatu yang sia-sia. 

Termasuk bakat pada tiap-tiap orang. Yakinlah jika bakat tersebut terus disyukuri dan diasah maka akan menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

8. BERSEDEKAH

Seperti yang anda ketahui, Bersedekah bisa mencegah kita semua dari bala. Ada baiknya jika ada kelebihan rezeki ajak anak untuk bersedekah. Ajari dia pentingnya bersedekah untuk dirinya dan orang lain. 

Termasuk bersedekah di pagi hari karena itu waktu yang sangat baik untuk bersedekah, karena di saat pagi hari Tuhan menurunkan rahmatNya ,dan banyak malaikat yang bertugas untuk membagikan rejeki dari Tuhan kepada mahklukNYa

Bersedekahlah pula dimomen hari kelahirannya, Bisa berupa syukuran dan lain-lain. Dan dimomen anak sembuh dari sakit, Anak meraih prestasi, Anak meraih kesuksesan dalam karir, Intinya bersedekah ini juga termasuk wujud syukur kita semua atas Karunia Tuhan yang tak terhitung. Ingat! Barang siapa yang bersyukur Maka Tuhan akan menambah nikmatNya.

baca juga :

Demikianlah delapan cara dalam mendidik anak, Jika ada kekurangan dalam tulisan saya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena manusia tempatnya salah dan dosa, Dengan mengikuti TIPS di atas semoga anak anda menjadi anak yang berbakti kepada orang tua serta bermanfaat bagi seluruh mahkluk Tuhan